"Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain----berbuat baik kepada orang lain (berarti) sedang berbuat baik pula kepada diri sendiri---Boyolali's elementary school teacher"
Selasa, 09 Agustus 2022
Pengelolaan Kelas Terintegrasi TIK Sesuai Lingkungan Belajar : Rangkuman Materi Pembatik Level 2
A. Penerapan Pengelolaan Kelas Terintegrasi TIK
Pengelolaan kelas yang terintegrasi TIK sangat membantu di masa pandemi Covid-19 ini. Seperti yang sudah Sahabat pelajari pada Materi 01 terkait blended learning dan hybrid learning. Sekarang saatnya Sahabat menerapkan metode tersebut dalam pengelolaan kelas yang terintegrasi TIK. Tujuan pengintegrasian TIK dalam pembelajaran adalah membangun keterampilan melek TIK, membangun keterampilan berpikir kritis, bekerja sama secara kolaboratif, memecahkan masalah, dan berkomunikasi secara efektif. TIK hanya sekedar alat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Artinya, kalau tidak ada teknologi yang lebih tinggi, maka gunakanlah teknologi yang ada sesuai dengan karakteristik kelas. Sebagai sesuatu yang perlu direncanakan, pengelolaan kelas memiliki elemen atau komponen kunci. Silakan amati video pada tautan berikut ini!
Rangkum hasil pengamatan Sahabat Rumah Belajar terhadap isi video tersebut! Sahabat Rumah Belajar bisa menuangkannya secara deskriptif, bagan, atau peta konsep! Setelah itu, bagikanlah hasil rangkuman Sahabat Rumah Belajar dengan rekan sejawat!
B. Mengintegrasikan TIK dalam Lingkungan Belajar
Laboratorium Komputer merupakan salah satu komponen yang sangat menentukan dalam upaya optimalisasi TIK sebagai alat bantu pembelajaran di sekolah. Keputusan untuk memanfaatkan laboratorium komputer sebagai lingkungan belajar perlu mempertimbangkan beberapa hal, seperti: karakteristik peserta didik, tujuan pembelajaran, aktivitas pendukung pembelajaran, strategi penilaian, serta budaya yang sudah ada atau terbangun di lingkungan Sahabat Rumah Belajar.
Video di bawah ini menggambarkan aktivitas yang dilakukan pendidik saat menerapkan pembelajaran dengan memanfaatkan lab komputer pada pembelajaran matematika. Masalah yang dihadapi pendidik tersebut adalah ketersediaan perangkat komputer yang tidak sebanding dengan jumlah peserta didik, serta keragaman latar belakang (kognitif-sosial-budaya).
Tugas Sahabat Rumah Belajar, analisislah solusi yang dilakukan pendidik sehingga proses pembelajaran dapat tetap terlaksana. Selain berdasarkan isi video, Sahabat Rumah Belajar dapat mengajukan gagasan versi Sahabat Rumah Belajar bila menemukan masalah yang serupa atau masalah lain terkait optimalisasi pemanfaatan Lab Komuter dalam pembelajaran!
C. Refleksi (Lessons Learned) dan Praktik Baik (Best Practice)
“Experience is the best teacher, and the worst experiences teach the best lessons”
Menurut Harrington (dalam Rais & Aryani, 2019), sikap reflektif memiliki tiga komponen utama, yaitu: 1) open mindedness atau keterbukaan, sebagai refleksi mengenai apa yang diketahui, 2) responsibility atau tanggung jawab, sebagai sikap moral dan komitmen profesional berkenaan dengan dampak pembelajaran pada pebelajar, pembelajaran, dan orang lain, dan 3) whole heartedness atau kesungguhan dalam bertindak dan melaksanakan tugas.
Praktik terbaik (best practice) dapat didefinisikan sebagai suatu cara paling efisien (upaya paling sedikit) dan efektif (hasil terbaik) untuk menyelesaikan suatu tugas berdasarkan suatu prosedur yang dapat diulangi yang telah terbukti manjur untuk banyak orang dalam jangka waktu yang cukup lama (https://id.wikipedia.org/wiki/Praktik_terbaik).
Sahabat Rumah Belajar, berikut adalah contoh praktik baik pendidik IPA di jenjang pendidikan SMP. Silakan amati video berikut ini!
Sahabat, pada link video di atas telah menerapkan strategi pembelajaran dengan mengintegrasikan TV Edukasi baik yang berbasis TIK maupun lingkungan sekitar. Terdapat beberapa tahap yang dilakukan pendidik tersebut! Tugas Sahabat Rumah Belajar adalah mengidentifikasi aktivitas yang dilakukan pendidik maupun peserta didik di video tersebut! Untuk lebih lengkapnya Sahabat bisa melakukan aktivitas UNDUH MATERI untuk melengkapi tabel analisis.
Selamat berproses! Salam dan Bahagia
Unduh Materi
Setelah mempelajari materi Kegiatan belajar 1 dan 2 diatas, sebagai bahan penguatan Sahabat dapat mempelajari secara offline dengan mengunduh file modul 7 secara keseluruhan pada tautan:
Selain melalui file modul 7, Sahabat juga dapat mempelajari poin-poin penting dari materi Modul 7 yang telah disajikan dalam bentuk file powerpoint, yang dapat Saudara unduh pada tautan :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar