Selasa, 09 Agustus 2022

DASAR-DASAR PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERTEKNOLOGI DIGITAL : RANGKUMAN MATERI PEMBATIK LEVEL 2

JENIS DAN KARAKTERISTIK MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL

Pada kegiatan belajar 1 ini, Sahabat Rumah Belajar akan mempelajari materi terkait jenis dan karakteristik media pembelajaran digital. Materi sangat penting untuk Sahabat pahami karena pengembangan media pembelajaran digital adalah salah satu kompetensi pedagogik dan profesional yang harus dimiliki oleh pendidik dan tenaga kependidikan dalam jabatan fungsional, termasuk guru.

A. Pengertian dan Kegunaan Media Pembelajaran Digital

Sahabat Rumah Belajar, sebagai seorang guru maupun pendidik tentunya sudah tidak asing dengan istilah media pembelajaran, Mengutip Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo dalam buku Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran, media pembelajaran adalah segala bentuk alat komunikasi yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi dari sumber ke peserta didik secara terencana, sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif di mana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif.

Media pembelajaran berteknologi digital merupakan media pembelajaran yang canggih atau menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang tidak asing bagi siswa untuk dapat meningkatkan efektivitas dalam pembelajaran. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi berperan sangat penting dalam pengembangan media pembelajaran saat ini. Karena sasaran dalam proses pembelajaran yaitu siswa merupakan generasi Z yang lahir antara tahun 1995-2010 dimana mereka adalah mayoritas pengguna komputer, gawai dan internet bahkan piawai dalam mengembangkan berbagai sistem informasi yang terupdate, maka sahabat perlu mempersiapkan dengan baik media pembelajaran mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasinya. Sahabat dapat membaca artikel mengenai aplikasi Rumah Belajar yang hadir versi mobile yang mengikuti tren generasi Z, tautannya sebagai berikut Aplikasi Rumah Belajar.

Beberapa pertimbangan yang tepat bagi sahabat dalam memilih media pembelajaran yang baik untuk digunakan. Pertimbangan tersebut yaitu ACTION; Access, Cost, Technology, Interactivity, Organization, dan Novelty. Sahabat, berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dari media pembelajaran berteknologi digital menurut Arsyad (2013:33) yaitu:

  • Dapat digunakan secara acak dan non - sekuensial maupun secara linear
  • Dapat digunakan berdasarkan keinginan siswa bukan saja dengan keingin perancang atau pengembang
  • Gagasan disajikan secara realistik dalam konteks pengalaman siswa
  • prinsip - prinsip ilmu kognitif dan konstruktivisme diterapkan dalam penggunaan media pembelajaran
  • Pembelajaran berorientasi kepada siswa


Siswa Belajar dengan Menggunakan Media Pembelajaran Digital

Dalam pembelajaran di masa sekarang ini, pasti Sahabat Rumah Belajar setuju bahwa penggunaan media pembelajaran berteknologi digital sangatlah tepat. Karena dapat disimpan, diakses oleh siapa pun, kapan pun dan di mana pun, lebih efisien dan tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Dengan menggunakan media pembelajaran diharapkan terjadi interaksi antara guru dan siswa secara maksimal sehingga dapat mencapai hasil belajar yang sesuai dengan tujuan. 

B. Jenis dan Karakteristik Media Pembelajaran Digital

Sahabat Rumah Belajar, saat ini ada berbagai jenis media pembelajaran berteknologi digital. Karena pemanfaatannya menjadi pilihan alternatif yang sangat sesuai dengan kebiasaan dan lingkungan dari siswa. Berikut ini adalah jenis-jenis media pembelajaran berteknologi digital yang dapat dimanfaatkan dan dikembangkan oleh sahabat, diantaranya:


1. Multimedia Interaktif

Multimedia diartikan sebagai sebuah kombinasi dari berbagai media seperti teks, gambar, suara, animasi, video dan lain-lain secara terpadu dan saling memiliki interaksi dengan menggunakan alat seperti komputer maupun peralatan elektronik lainnya untuk menghasilkan sesuatu yang optimum (Surjono, 2017). Elemen dari Multimedia yang perlu Sahabat ketahui yaitu: teks, gambar digital, suara digital, animasi dan video. Tahapan pengembangan multimedia dapat dilakukan dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yaitu: concept, design, obtaining content material, assembly, testing. Contoh konten multimedia interaktif dapat Sahabat Rumah Belajar akses melalui portal Rumah Belajar pada fitur Sumber Belajar. 


2. Digital Video dan Animasi

Pembelajaran berbasis video atau Video Based Learning merupakan salah satu metode belajar yang efektif dan telah menjadi tren dalam pembelajaran berteknologi digital seperti saat ini.  Video digital merupakan representasi elektronik dari gambar visual bergerak (video) dalam bentuk data digital yang dikodekan. Ini berbeda dengan video analog, yang merepresentasikan gambar visual bergerak dengan sinyal analog. Video digital terdiri dari serangkaian gambar digital yang ditampilkan secara berurutan. Beberapa tipe atau jenis video pembelajaran yang dapat Sahabat Kembangkan yaitu microvideo, tutorial, training video, screencast, presentation and lecture, animasi. Dikutip dari Hive Studio, pengertian dari animasi sejatinya adalah perubahan cepat dari gambar yang berurutan untuk menciptakan suatu ilusi gerakan.  Animasi dibuat dengan mengurutkan kumpulan gambar, kemudian ditampilkan satu per satu dengan cepat. Gambar pun akan terlihat hidup dan bergerak. Beberapa referensi video-video pembelajaran, dapat Sahabat Rumah Belajar temukan di portal Rumah Belajar melaui tautan ini https://belajar.kemdikbud.go.id/, juga dapat diakses melalui channel YouTube Rumah Belajar atau Televisi Edukasi melalui tautan berikut https://tve.kemdikbud.go.id/.


3. Media Audio atau Podcast

Podcast adalah siaran berupa rekaman suara dari host (orang yang berbicara dalam podcast) yang membahas topik tertentu.  Podcast juga saat ini biasanya berupa rekaman asli video, dan juga merupakan rekaman siaran televisi atau program radio,ilmu pengetahuan, pertunjukan, atau acara lain. Hal teknis yang harus sahabat perhatikan apabila akan mengembangkan media pembelajaran Podcast yaitu Kualitas audio. Sebagus apapun kontennya, tapi kalau kualitas audionya buruk maka pendengar akan merasa risih. Oleh karena itu, Sahabat perlu mempersiapkan peralatan yang mendukung agar kontennya enak untuk didengar.

Jika Sahabat Rumah Belajar tertarik untuk mendengarkan Podcast dapat mendengarkan Radio Suara Edukasi melalui tautan yang ada di Rumah Belajar atau klik laman: https://suaraedukasi.kemdikbud.go.id/, dan Radio Edukasi pada tautan: https://radioedukasi.kemdikbud.go.id/.


4. Augmented Reality (AR)

Salah satu teknologi multimedia yang sedang berkembang saat ini adalah Augmented Reality (AR). Augmented Reality merupakan sebuah teknologi yang mampu menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan yang nyata kemudian memunculkannya atau memproyeksikannya secara real time sehingga pembelajaran tidaklah monoton dan siswa menjadi terpacu untuk mengetahui lebih lanjut.  Nah, di portal Rumah Belajar juga sudah dilengkapi dengan fitur Augmented Reality loh. Apakah Sahabat sudah pernah memanfaatkannya? Jika Sahabat ingin mengakses fitur Augmented Reality yang ada di Portal Rumah Belajar, silahkan klik: https://belajar.kemdikbud.go.id/augmented.


5. Virtual Reality (VR)

Virtual Reality (VR) merupakan perpaduan dari pemrosesan gambar digital, grafik komputer, teknologi multimedia, sensor dan teknologi pengukuran, kecerdasan virtual dan buatan dan disiplin lainnya, membangun lingkungan ruang tiga dimensi, interaktif virtual yang realistis untuk manusia dan merespons kegiatan real-time. Realita nyata ini bisa sahabat eksplorasi dengan indra, misalnya pendengaran, penglihatan, sentuhan dan lain-lain. Sahabat dapat lebih lanjut mempelajari tentang aplikasi teknologi VR, AR, dan MR dalam pendidikan melalui tautan ini Seminar Edutech 2020.


6. Game Edukasi

Sahabat pasti setuju dengan pendapat bahwa game edukasi ini termasuk dalam salah satu media pembelajaran karena disesuaikan dengan kebutuhan individu, adanya umpan balik, memuat pembelajaran aktif, memberikan motivasi, proses partisipasi sosial, tingkat kesulitan yang semakin tinggi, transfer pengetahuan, dan dapat menilai hasil pembelajaran. Sahabat Rumah Belajar dapat memanfaatkan fitur Edugame melalui tautan berikut https://belajar.kemdikbud.go.id/EduGame yang ada di Portal Rumah Belajar yang bisa digunakan dalam kegiatan pembelajaran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

VIRECA UNTUK PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

       Vireca adalah kepanjangan dari Virtual Reality Case atau Kasus yang disajikan melalui virtual reality. Seperti yang kita tahu bahwa...