Selasa, 06 September 2022

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF-RANGKUMAN PEMBATIK LEVEL 3

 

Sahabat Rumah Belajar, selamat berjumpa pada  Pembatik Level 3 Level Kreasi!

Di era pembelajaran digital sekarang ini, sebagai pendidik kita dituntut untuk  dapat menciptakan suasana pembelajaran yang kreatif dan menarik. Salah satunya adalah pemanfaatan Multimedia Pembelajaran Interaktif. Nah, Sahabat adakah yang sudah menggunakan Multimedia Pembelajaran Interaktif dalam kegiatan pembelajaran?

Multimedia Pembelajaran Interaktif merupakan salah satu alat bantu pembelajaran yang efektif yang dapat sahabat gunakan untuk memfasilitasi  kegiatan pembelajaran bersama siswa.

Sebagai sebuah konvergensi media, multimedia terdiri dari  berbagai unsur media yaitu teks, foto, video, audio, animasi, grafis/ilustrasi yang secara interaktif dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan-pesan pembelajaran.

Nah, bagaimana pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif tersebut? Tentu membutuhkan sebuah tahapan atau proses untuk pengembangannya.

Pada Modul ini akan dijelaskan informasi terkait terkait pengembangan multimedia pembelajaran interaktif, mulai dari dasar pengembangan, tahapan pengembangan dan aplikasi multimedia interaktif.

Silakan Sahabat baca silabus yang teredia, sebagai gambaran materi yang akan Sahabat pelajari. 


Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif

A. Konsep Multimedia Pembelajaran Interaktif

Halo Sahabat Rumah Belajar

Sebagai guru di era teknologi sekarang ini haruslah selalu siap untuk terus belajar dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi karena  pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran sekarang ini tak terelakkan lagi. Teknologi sebagai elemen yang perlu dihadirkan dalam kegiatan pembelajaran dan sebagai  cara baru dalam mempelajari pengetahuan. Untuk mendukung hal tersebut tentu  dibutuhkan sebuah media dan metode yang tepat agar proses pembelajaran dapat sampai kepada siswa secara tepat.

Salah satunya pemanfaatan media yang berbasis teknologi yaitu multimedia pembelajaran Interaktif. Sahabat dapat memanfaatkan Multimedia pembelajaran interaktif untuk membantu kegiatan belajar mengajar. Sebelum memanfaatkan dan membuat sebuah multimedia pembelajaran interaktif, Sahabat haruslah memahami terlebih dahulu prinsip-prinsip dalam mengembangkan Multimedia pembelajaran interaktif. Nah, sebelum memulai kita bahas lebih lanjut, yuk kita diskusikan dahulu apa itu Multimedia Pembelajaran Interaktif atau MPI.

Berikut  beberapa referensi yang dapat Sahabat pelajari untuk memahami apa itu MPI:






Dari referensi berbagai sumber yang sudah dijabarkan diatas, coba Sahabat jelaskan apa itu multimedia pembelajaran interaktif?

1) konsep dari multimedia itu sendiri yaitu sebagai konvergensi media yang terdiri dari  berbagai unsur media yaitu teks, foto, video, audio, animasi, grafis/ilustrasi

2)  interaktiftas merupakan kemampuan individu untuk mengontrol informasi dan berpartisipasi  secara aktif dalam komunikasi bermedia komputer.  Termasuk juga dalam mengontrol  waktu yaitu berapa lama informasi dapat muncul, berapa lama waktu untuk menemukan informasi dan waktu yang dibutuhkan untuk berinteraksi dengan pengguna yang lain (Mahmoud & Auoter:2009).

3)  pembelajaran sebagai  proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber atau media belajar pada suatu lingkungan belajar. Dari urain tersebut dapat disimpulkan Multimedia pembelajaran interaktif sebagai konvergensi media yang terdiri dari  berbagai unsur media yaitu teks, foto, video, audio, animasi, grafis/ilustrasi yang secara interaktif dimanfaatkan untuk menyampaikan materi pembelajaran.

Lalu apa yang membedakan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Media Presentasi? silakan pelajari penjelasan berikut. 

Kontrol pada penyaji

  • Materi disajikan dalam poin-poin
  • Navigasi sederhana
  • Evaluasi berupa penugasan

Multimedia Interaktif

  • Kontrol pada pengguna
  • Materi lebih rinci dan lengkap
  • Navigasi lebih lengkap
  • Evaluasi interaktif dan dilengkapi dengan penilaian
Sahabat setelah memahami perbedaan antara MPI dan media presentasi, kita akan lanjut membahas apa saja ragam atau jenis MPI itu sendiri.

Sebagai  gambaran silakan saksikan video melalui tautan berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=-HV3oOTOMHo

 Ragam atau jenis Multimedia pembelajaran interaktif dibedakan berdasarkan pada tujuan pembelajaran, diantaranya adalah tutorial, drill and practice, simulasi, instructional games.

 Mari kita bahas diantaranya:

Tutorial
Jenis MPI yang memuat penjelasan, rumus, prinsip, bagan, tabel, definisi istilah, latihan dan cabang yang sesuai.  MPI jenis ini bertujuan untuk menyampaikan atau menjelaskan materi tertentu, mengajukan pertanyaan dan memberikan umpan balik sesuai dengan jawaban pengguna.

Drill and practice
Jenis MPI yang memberikan praktik sebanyak mungkin terhadap kemampuan siswa dengan tampilan pertanyaan atau masalah, penerimaan respon dari pengguna, periksa jawaban dan dilanjutkan dengan pertanyaan lain berdasarkan kebenaran jawaban. 

Simulasi
Simulasi digunakan untuk memperagakan sesuatu (keterampilan) sehingga pengguna merasa seperti berada dalam keadaan yang sebenarnya. Simulasi banyak digunakan pada pembelajaran materi yang dirasa sulit dan membutuhkan praktek di tempat khusus contohnya di laboratorium.

Instructional Game
MPI jenis ini didesain dan dikemas berupa permainan edukatif untuk merangsang day pikir, meningkatkan konsentrasi dan problem solving pengguna. Instructional Game atau bisa disebut sebagai game edukasi sebagai alat yang mendukung proses pembelajaran secara signifikan.

Sahabat, perkembangan teknologi digital dan perubahan pada pola pembelajaran mendorong perkembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif menjadi lebih beragam. apaliba kita amati trend dari Multimedia Pembelajaran Interaktif semakin menarik dan mendorong pengguna untuk lebih interaktif.


Untuk menambah wawasan tentang trend multimedia pembelajaran interaktif, silakan cermati contoh-contoh MPI melalui tautan berikut:


Berikut adalah tren Multimedia Pembelajaran Interaktif saaf ini:

1. Gim Edukasi


Untuk referensi tentang gim edukasi silakan Sahabat mengunjungi portal Rumah  Belajar melalui fitur edugame berikut


  atau melalui website Membatik di



2. Augmented Reality

Sebagai gambaran pengunaan AR untuk pembelajaran silakan Sahabat untuk mengunjungi portal Rumah Belajar melalui fitur Augmented Reality berikut:


atau melalui website MembaTIK di



 Berikut contoh pengunaan AR dalam pembelajaran :





B. Prinsip-Prinsip Multimedia Pembelajaran Interaktif

 1. Komponen Multimedia Pembelajaran Interaktif

Multimedia Pembelajaran Interaktif memiliki beberapa komponen umum yang dapat Sahabat gunakan ketika mengembangkan sebuah MPI, di antaranya:

a. Judul

b. Sasaran

c.Tujuan Pembelajaran

d. Uraian materi pembelajaran

e.latihan/tes

f. referensi

g. tim pengembang

 Tip ketika menuliskan uraian Materi dalam program MPI:

2. Tata Letak

Tampilan dalam MPI merupakan komponen yang penting. Kemenarikan dari sebuah tampilan MPI akan memotivasi siswa untuk membuka MPI selain didukung oleh isi atau materi yang baik.  Apa saja komponen dalam tampilan di MPI? Simak penjelasan berikut.

a. Tata letak
  1. Gunakan background atau latar belakang yang konsisten dari awal sampai akhir.
  2. Hindari penggunaan background atau latar belakang yang berlainan pada setiap frame!
  3. Letakkan teks dan media pendukung (gambar, video dll) secara proporsional
Referensi :

https://www.pexels.com/

https://www.freepik.com/

https://slidesgo.com/

https://pngtree.com/

https://www.vecteezy.com/

https://all-free-download.com/

https://www.visme.co/templates/presentations/

https://poweredtemplate.com/

https://pixabay.com/images/search/background/

https://www.vecteezy.com/free-vector/banner-background

b.Jenis Huruf/tipografi

Coba perhatikan gambar di bawah, dan bandingkan jenis huruf dengan tingkat keterbacaan yang baik.

  1. Gunakan 2-3 jenis huruf dengan tingkat keterbacaan yang baik dalam MPI, misalnya jenis huruf untuk judul, sub judul dan materi.
  2. Jenis huruf San Serif memiliki tingkat keterbacaan cukup baik
  3. Hindari penggunaan bermacam-macam jenis huruf dalam MPI
Referensi:



https://www.youtube.com/watch?v=ocvUGN-OD0w

 https://www.kompasiana.com/insyira/5500fd33a33311bb7451299f/huruf-dalam-mendesain-media-pembelajaran

  https://anchordigital.com.au/read-between-the-lines-why-legibility-and-readability-is-essential-for-ux/

 https://webdesign.tutsplus.com/articles/typographic-readability-and-legibility--webdesign-12211

 Referensi jenis huruf:

https://www.dafont.com/

https://fonts.google.com/

https://www.fontpair.co/

https://www.fontsquirrel.com/

https://www.1001freefonts.com/

https://www.fontspace.com/popular/fonts

https://www.fontfabric.com/free-fonts/

c. Warna

Bagaimana siswa dapat belajar tentang jenis dan warna bunga apabila gambar bunga yang ditampilkan tidak menampilkan warna asli? Nah, Sahabat, warna dalam pengembangan MPI sangat penting karena warna juga dapat membantu untuk menyampaikan sebuah pesan.
Referensi memilih warna

https://coolors.co/
http://www.colorhunter.com/
https://color.hailpixel.com/
http://brandcolors.net/
https://color.adobe.com/create
https://htmlcolorcodes.com/color-chart/
https://www.canva.com/colors/color-wheel/

 Referensi jenis, sifat dan karatersitik warna
https://webdesign.tutsplus.com/articles/understanding-the-qualities-and-characteristics-of-color--webdesign-13292
https://www.smashingmagazine.com/2010/01/color-theory-for-designers-part-1-the-meaning-of-color/
https://simplicable.com/new/color-characteristics
https://99designs.com/blog/tips/the-7-step-guide-to-understanding-color-theory/
https://www.colormatters.com/color-and-design/basic-color-theory
https://www.canva.com/id_id/belajar/teori-warna/

 Video tentang warna
https://www.youtube.com/watch?v=b-PqO-ILcYo
https://www.youtube.com/watch?v=_2LLXnUdUIc
https://www.youtube.com/watch?v=mjh2zMwvdmI
https://www.youtube.com/watch?v=DtOHRlWPKQk

d. Navigasi

Aturlah nagivasi sesuai dengan kebutuhan dan kemudahan siswa.
Perhatikan konsistensi navigasi: bentuk, tempat/letak, fungsi.
 3. Jenis Media Pendukung

Dalam pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif tidak hanya berisi teks penjelasan saja, untuk melengkapi teks tentu saja di butuhkan media pendukung. Fungsi dari media pendukung untuk memberi penjelasan lebih mendalam terhadap informasi yang diberikan melalui teks

Apa saja media pendukung yang dapat digunakan dalam MPI? Silakan klik pada tautan berikut!


  • Gunakan media pendukung yang sesuai kebutuhan materi.
  • Tepat sasaran pengguna.
  • Tidak melanggar HAKI.
  • Sertakan referensi dalam setiap penggunaan media pendukung yang digunakan.

C. Tahapan Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif


a. Pra produksi

Kegiatan yang dilakukan dalam pra produksi adalah:

Menentukan topik materi untuk pengembangan MPI
Sahabat dapat menentukan topik dengan terlebih dahulu menyusun peta materi berdasarkan silabus pembelajaran. Bagaimana langkah penyusunan peta materi?

 Silakan pelajari dalam tautan berikut!


     2. Menyusun Garis Besar Isi Media dan Jabaran Materi


     3. Menyiapkan naskah

Bagaimanakah sistematika naskah Multimedia Pembelajaran Interaktif? Apa saja komponen yang ada dalam naskah Multimedia Pembelajaran Interaktif?

 Berikut penjelasannya:


 Berikut referensi dalam pengembangan naskah Multimedia Pembelajaran Interaktif:


Ingat:
  • Setelah menentukann topik jangan lupa berikan judul pada topik atau materi yang sudah ditentukan.
  • Berikan judul yang menarik dan mudah di ingat!
b. Produksi

Produksi merupakan tahapan pembuatan dari Multimedia Pembelajaran Interaktif berdasarkan naskah yang sudah final. Tahapan dalam kegiatan produksi antara lain:  1) menentukan aplikasi yang akan digunakan, 2) mempersiapkan semua aset yang dibutuhkan sesuai yang tercantum dalam naskah, 3) mendesain tampilan tata letak atau layout MPI yang menarik disesuaikan dengan tema materi dalam naskah, 4) melakukan proses pembuatan MPI.

c. Pasca Produksi

Setelah melalukan kegiatan produksi selanjutmya akan dihasilkan prototipe Multimedia PembeIajaran Interaktif. Sebelum MPI siap digunakan dan dimplementasikan maka perlu untuk dilakukan proses previu atau reviu terkait hasil produksi. Kegiatan ini berfungsi untuk melihat apakah hasil dari produksi MPI ada kesalahan yang perlu untuk diperbaiki atau direvisi lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

VIRECA UNTUK PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

       Vireca adalah kepanjangan dari Virtual Reality Case atau Kasus yang disajikan melalui virtual reality. Seperti yang kita tahu bahwa...