1. Action game
Merupakan jenis game yang menekankan kepada tantangan fisik, termasuk koordinasi tangan, mata, dan reaksi waktu. Jenis game ini memiliki banyak ragam seperti game fighting, dan game shooting.
2. Adventure game
Merupakan jenis game dimana pemain diasumsikan sebagai tokoh utama dalam cerita interaktif yang didukung oleh penjelajahan dan teka-teki.
3. Puzzle game
Merupakan jenis game yang menekankan pemecahan teka teki. Jenis teka-teki yang harus dipecahkan dapat menguji kemampuan memecahkan banyak masalah temasuk logika, strategi, pengenalan pola, dan penyelesaian kata.
4. RPG (Role Playing game)
Merupakan game bermain peran, memiliki penekanan pada tokoh atau peran perwakilan pemain di dalam permainan, yang biasanya adalah tokoh utamanya. Karakter tersebut dapat berubah dan berkembang ke arah yang diinginkan pemain (biasanya menjadi semakin hebat, semakin kuat, semakin berpengaruh) dalam berbagai parameter yang biasanya ditentukan dengan naiknya level.
5. Simulation game
4. Membuat Naskah Edugame
Setelah membuat Flowchart sahabat bisa melanjutkan ke tahap GBIM JM terlebih dahulu sebelum ke naskah, atau bisa juga langsung ke naskah. Garis Besar Isi Media dan Jabaran Materi sebagai panduan dalam menyusun naskah. Dalam GBIM JM sudah tergambarkan secara garis besar apa saja isi dari setiap indikator yang akan akan sahabat kembangkan. Apakah ada bagian materi pemantik? berapa level edugame yang akan sahabat kembangkan, dan apa saja media pendukungnya? Misalnya; Apakah diperlukan animasi? Apakah ada audio, gambar?
Setelah GBIM JM selesai sahabat bisa melanjutkan ke tahap penyusunan Naskah, Tahapan ini merupakan panduan memproduksi Edugame. Sahabat harus detail menuangkan kebutuhan media, tampilan dan interaksi yang ingin sahabat tampilkan dalam Edugame harus benar-benar tergambar. misalkan; bagaimana karakternya, interaksinya ketika user menyelesaikan target atau ketika melakukan kesalahan. apakah memerlukan waktu.
5. Desain Manajemen File
Tahap selanjutnya setelah membaca naskah adalah mendesain dan menyiapkan aset baik gambar, suara, animasi dan lain sebagainya, sesuai permintaan pada naskah, Aset berupa gambar, ikon, tombol, suara dan animasi dapat sahabat membuatnya sendiri maupun mencari dari sumber-sumber gratis dengan tetap mencantumkan sumbernya.
Sahabat dapat membuat gambar dengan aplikasi yang ada pada perangkat laptop maupun desktop sahabat seperti Aplikasi PowerPoint, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Canva atau aplikasi pembuat dan pengolah gambar lainnya.
Sahabat juga bisa mencari alternatif gambar vektor, ikon, suara dari berbagai situs online diantaranya:
Freepik
flaticon
Iconfinder
Icons8
Icon ninja
Vector4free
Vecteezy
Jamendo Music
Bensound
Freesound
6. Programing
Setelah semua aset siap dan sudah dimasukkan ke dalam manajemen file yang telah sahabat buat, langkah selanjutnya adalah memprogram, Memprogram memerlukan aplikasi tambahan yang bisa sahat instal pada perangkat laptop maupun desktop, bisa juga menggunakan aplikasi online. Memakai Aplikasi full coding maupun noncoding (logika).
Memprogram disini adalah menyatukan aset dan memberikan interaksi yang sahabat inginkan seperti pada naskah yang sahabat rancang sebelumnya, aplikasi apa saja yang dapat sahabat gunakan sahabat bisa membaca pada sub bab berikutnya. dan bagaimana contoh membuat Edugame jangan sahabat lewatkan baca dan ikuti langkah-langkahnya pada Materi selanjutnya.
7. Quality Control dan Publishing
Setelah Tahap Pemrograman selesai kemudian game sudah di rendering, pasti sahabat sudah tidak sabar untuk mempublishnya. Eits sabar dulu, sebelum itu sahabat harus melakukan Quality Control (QC) terlebih dahulu, Langkah ini seringkali terlupa bahkan dilewatkan. padahal langkah yang penting. jangan sampai kita menyesal setelah mempublish. Periksa lagi semua halaman, bail tulisan, suara, gambar jangan sampai ada kesalahan. periksa kembali navigasi dan interaksi yang ada. Quality Control jangan dilakukan sendiri minimal satu atau dua orang bisa teman sejawat atau bahkan siswa sebagai target sasaran sahabat. tidak perlu malu meminta saran, pendapat atau masukan untuk membangun dan menambah kemenarikan Edugame Sahabat.
C. Mengenal Aplikasi Pembuatan Edugame
Sahabat Rumah Belajar, ada banyak aplikasi yang dapat dipergunakan dalam membuat Edugame, ada aplikasi yang dibuat untuk pemula bahkan tanpa coding ada juga aplikasi yang full coding untuk para ahli dan ada aplikasi yang merupakan kombinasi keduanya. Sahabat bisa memilih aplikasi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, berikut beberapa aplikasi pembuat game, diantaranya adalah;
1. UNITY
Unity merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan game multi platform yang didesain untuk mudah digunakan. Apa itu MultiPlatform? MultiPlatform merupakan aplikasi yang dapat beroperasi di banyak sistem operasi dan sanggup Mempublish ke banyak format tipe file, misalnya: exe, apk, dan lain-lain.
Unity sangat bagus dan penuh perpaduan dengan aplikasi yang profesional. Editor pada Unity dibuat dengan user interface yang sederhana. Unity merupakan salah satu aplikasi editor game dengan urutan ranking teratas. Grafis pada unity dibuat dengan grafis tingkat tinggi untuk OpenGL dan directX. Unity mendukung semua format file, terutamanya format umum seperti semua format dari art applications. Unity cocok dengan versi 64-bit dan dapat beroperasi pada Mac OS x dan windows dan dapat menghasilkan game untuk Mac, Windows, iPhone, iPad dan Android.
Aplikasi Unity dapat digunakan untuk membuat game tiga dimensi, dua dimensi, realitas virtual (VR), dan augmented reality (AR), serta Simulasi dan pengalaman lainnya. Kelebihan Unity diantaranya gratis, cross platform, UI yang user friendly, fitur nya banyak, dan memiliki assets store.
Kekurangannya ketika menggunakan unity butuh penyesuaian yang agak kompleks pada saat ingin mengembangkan game 2D tanpa bantuan plugin serta Cache memory yang digunakan lumayan banyak.
2. CONSTRUCT
Saat ini construct berkembang menjadi Construct 3 dari pendahulunya yaitu construct 2, perbedaan keduanya sebenarnya tidak terlalu signifikan. Apalagi secara fitur-fiturnya. Akan tetapi, kalau boleh ditunjuk satu perbedaan yang paling menonjol adalah lokasi penyimpanan tools itu sendiri. Construct 2 baru bisa digunakan ketika sudah diinstall di komputer. Beda halnya dengan Construct 3 yang bisa digunakan lewat browser.
Construct adalah aplikasi pembuat games 2D yang memang dibuat sedemikian rupa sehingga mudah dioperasikan dan tanpa coding tidak menggunakan bahasa pemrograman khusus, semua perintah yang digunakan pada game diatur dalam EvenSheet yang terdiri dari Event dan Action. Construct saat ini mendukung penyematan web melalui HTML5.
Berjalan lewat browser dan files-nya dapat disimpan secara online maupun offline. Karena itu, aplikasi ini berjalan di semua sistem operasi, termasuk Chrome dan Android.
3. GAME MAKER STUDIO
Game Maker studio adalah software pembuat game yang dirancang untuk memungkinkan pengguna dengan mudah mengembangkan video game tanpa harus belajar bahasa pemrograman, hanya dengan sistem drag and drop. Software ini dilengkapi dengan sprite editor, path, object game dan room.
4. RPG MAKER
RPG Maker adalah sebuah game engine yang dirancang untuk mengembangkan game yang bergenre (RPG). RPG Maker berasal Jepang dan dikenal juga sebagai RPG Tsukuru. RPG adalah singkatan dari role-playing game, sebuah genre game yang memungkinkan pemainnya mengontrol karakter-karakter di video yang tinggal di setting tempat tertentu. Biasanya game RPG juga menampilkan perkembangan karakter. RPG biasanya mengandalkan jalan cerita yang dibagi menjadi beberapa tahap tantangan. Pada masing-masing tahapan, pemain akan diberi tugas yang harus diselesaikan.
5. ARTICULATE STORYLINE
Articulate storyline merupakan salah satu multimedia authoring tools yang digunakan untuk membuat aplikasi multimedia interaktif dengan konten berupa teks, gambar, grafik, suara, video bahkan animasi dan simulasi. Umumnya Articulate storyline digunakan untuk presentasi, akan tetapi Articulate storyline bisa juga dibuat untuk game edukasi. Hasil publikasi Articulate Storyline berupa media berbasis web (html5) atau application file (.exe) yang dapat dijalankan pada berbagai perangkat seperti laptop, tablet dan smartphone.
6. ADVENTURE MAKER STUDIO
Aplikasi ini terbilang sederhana karena tidak menggunakan proses coding yang rumit, Adventure Maker Studio adalah software untuk membuat game bertema adventure yang memakai metode point and click dalam bermain. Aplikasi ini tidak hanya untuk membuat games berbasis windows, platform lain juga didukung seperti PSP, iPod touch dan iPhone.
7. STENCYL
Stencyl adalah sebuah software yang memungkinkan pengguna untuk membuat game 2D untuk komputer, perangkat mobile, dan web. Perangkat lunak ini tersedia secara gratis, dengan memilih opsi penerbitan yang tersedia untuk pembelian. Stencyl sendiri merupakan game builder yang mudah hanya dengan drag and drop, panel-panelnya sangat bersahabat dan mudah di pahami.
8. SMART APPS CREATOR
Smart Apps Creator merupakan aplikasi untuk membuat aplikasi mobile android dan iOS tanpa kode pemrograman, serta dapat menghasilkan format HTML5 dan .exe. Smart Apps Creator dapat dipergunakan untuk membuat aplikasi mobile multimedia pembelajaran, wisata, city guide, marketing, game, dsb. Karakteristik SAC selain tanpa coding, tampilannya seperti microsoft powerpoint.
Download Modul
Tidak ada komentar:
Posting Komentar