Minggu, 07 Agustus 2022

PPEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DIGITAL: Rangkuman Materi Pembatik Level 2

 Tujuan  dan Indikator pencapaian pembelajaran level 2 melalui modul ini adalah:

  • menjelaskan pemanfaatan fitur sumber belajar digital
  • mendeskripsikan pemanfaatan fitur rumah belajar
  • menerapkan model pembelajaran project-based learning (PBL)
  • menerapkan model pembelajaran berbasis game (game-based learning)
  • menerapkan model pembelajaran berbasis discovery-inquiry learning
  • menjelaskan pemanfaatan layanan Pusdatin (TVE, RSE, MEdukasi, dll)
  • menerapkan model pembelajaran berbasis Radio Edukasi dan TV Edukasi
Kompetensi yang akan dicapai oleh sahabat Rumah Belajar pada kegiatan belajar ini adalah:

  • menjelaskan pemanfaatan fitur sumber belajar digital
  • mendeskripsikan pemanfaatan fitur rumah belajar
  • menerapkan model pembelajaran project-based learning (PBL)
  • menerapkan model pembelajaran berbasis game (game-based learning)
  • menerapkan model pembelajaran berbasis discovery-inquiry learning
  • menjelaskan pemanfaatan Layanan Pusdatin (TVE, RSE, MEdukasi, dll)
  • menyusun model pembelajaran berbasis Radio Edukasi dan TV Edukasi

PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DIGITAL

1. Fitur Sumber Belajar Digital

a. Sumber Belajar Digital

Hallo sahabat Rumah Belajar, pada pertemuan ini kita akan pelajari mengenai sumber belajar digital dan pemanfaatannya dalam pembelajarannya di sekolah. Seperti kita ketahui pusat sumber belajar itu ada yag berbentuk daring (online) dan offline (luring).Sumber belajar adalah segala sesuatu yang memungkinkan atau dapat menyebabkan terjadinya kegiatan belajar atau pembelajaran.

b. Fungsi Sumber Belajar Digital

Dalam survai, sekurang-kurangnya terdapat 7 fungsi PSB digital, yaitu mencakup fungsi-fungsi sebagai berikut;

1). penyimpanan ( collecting), 
2). pelayanan ( serving), 
3). penyajian ( presenting), 
4). pengembangan ( developing), 
5). pelatihan ( training), 
6). pembaruan ( innovating), 
7). berbagi ( sharing).

 
2. Fitur Rumah Belajar

Rumah belajar merupakan sebuah portal pembelajaran produk dari Pusdatin Kemendikbudristekristek yang bisa dimanfaatkan oleh peserta didik dan tenaga kependidikan. Layanan Rumah belajar ini bisa diakses melalui portal https://belajar.kemdikbud.go.id/  atau bisa juga mengunduh aplikasinya di playstore dan appstore

1) Fitur Utama
a. Sumber Belajar : 
Sumber belajar merupakan fitur yang menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum. Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk audio, video, dan laman interaktif. Materi ajar yang disajikan di dalam sumber belajar ini terdiri dari 3 kategori, yaitu konten video, konten audio, dan konten web. Untuk mengakses sumber belajar kita bisa mengetikan alamat   https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/, silahkan melihat  cara memanfaatkan fitur tersebut melalui video berikut ini :  https://youtu.be/U-lEx-Kh_1M 


b. Kelas Maya :  
Kelas Maya adalah sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberikan bahan ajar yang dapat diakses dan dibagikan oleh siswa dalam bentuk digital kapan saja dan di mana saja. Untuk mengakses kelas maya kita bisa mengetikan alamat   https://kelasmaya.belajar.kemdikbud.go.id/kelasmaya. Silahkan melihat  cara memanfaatkan fitur tersebut melalui video berikut ini  https://youtu.be/13PYlY1rnpU 



c. Bank Soal
Bank soal merupakan fitur kumpulan soal dan materi evaluasi siswa yang dikelompokkan berdasarkan  topik  ajar. Tersedia juga berbagai  akses soal  latihan, ulangan, dan ujian.  Untuk       mengakses       bank    soal kita bisa mengunjungi alamat http://banksoal.belajar.kemdikbud.go.id/. Silahkan melihat  cara memanfaatkan fitur tersebut melalui video berikut ini


d. Laboratorium Maya
Laboratorium Maya merupakan fitur simulasi praktikum laboratorium yang ada disajikan secara interaktif dan menarik, dikemas bersama lembar kerja siswa dan teori praktikum. Ini aksesnya https://belajar.kemdikbud.go.id/labmaya . Silahkan melihat  cara memanfaatkan fitur tersebut melalui video berikut ini


2) Fitur Pendukung
Peta Budaya :  
Peta Budaya merupakan dokumentasi dari keunikan budaya Nusantara yang sangat beragam. Baik peserta didik maupun tenaga pendidik dapat mengakses peta budaya dengan alamat   https://petabudaya.belajar.kemdikbud.go.id/

Buku Sekolah Elektronik: 
Buku Sekolah Elektronik (BSE) merupakan fitur yang menyediakan berbagai macam buku pelajaran yang bisa diunduh setiap saat. Dengan fitur ini peserta didik dan tenaga. BSE ini bisa diakses dengan alamat   http://bse.belajar.kemdikbud.go.id/

Wahana Jelajah Angkasa : 
Wahana   jelajah   angkasa   merupakan  fitur  yang   memberikan  referensi   tentang penjelajahan angkasa dengan berbagai keunikannya. Fitur ini bisa diakses pada alamat http://www.belajar.kemdikbud.go.id/

Karya Bahasa dan Sastra : 
Beragam karya Bahasa dan Sastra dari seluruh Nusantara ada disini. Untuk mengakses fitur        Karya        Bahasa        dan        Sastra        bisa        mengunjungi        link https://belajar.kemdikbud.go.id/BahasaSastra

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan : 
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) merupakan tempat bagi tenaga pendidik untuk mengembangkan dirinya. Banyak sekali pelatihan-pelatihan yang bisa diikuti termasuk salah satunya PembaTIK 2021. Kita bisa mengakses fitur ini dengan cara            mengetikan            alamat      http://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/

Edugame : 
Permainan yang disediakan telah dirancang untuk membantu siswa memahami konsep dasar dari materi yang disajikan. Untuk mengakses fitur ini kita bisa mengetikan alamat https://belajar.kemdikbud.go.id/EduGame

Blog Pena : 
Blog Pena berisi tulisan-tulisan dari berbagai kalangan yang sangat peduli terhadap dunia pendidikan. Siapa saja bisa mendaftar dan berkontribusi melalui blog pena ini. Kita       bisa       mengakses       blog       pena       dengan       mengetikan       alamat  http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/

Argumen Reality :
Konten pembelajaran Augmented Reality merupakan media pembelajaran digital yang memungkinkan pengguna untuk melihat obyek-obyek 2D atau 3D yang diproyeksikan terhadap dunia nyata. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

VIRECA UNTUK PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

       Vireca adalah kepanjangan dari Virtual Reality Case atau Kasus yang disajikan melalui virtual reality. Seperti yang kita tahu bahwa...